FAKTOR PENUNJANG PELAYANAN KANTOR

FAKTOR PENUNJANG PELAYANAN KANTOR




Peralatan dan perlengkapan kantor adalah barang-barang yang digunakan untuk nantinya diharapkan dapat menghasilkan output di dalam kantor. Peralatan dan perlengkapan kantor dibutuhkan untuk menunjang dan membantu kegiatan-kegiatan yang ada di kantor. Peralatan dan perlengkapan kantor dirawat agar nantinya dapat digunakan dengan optimal. Seiring dengan perkembangan teknologi, perlengkapan kantor akan semakin canggih untuk menunjang kegiatan kantor yang lebih berat dan banyak. Memfasilitasi kantor dengan teknologi modern yaitu bertujuan untuk mencapai dan memenuhi produktifitas pekerjaan kantor dengan seefisien mungkin dalam tenaga, biaya maupun waktu. Oleh karenanya penggunaan peralatan dan teknologi kantor yang tepat sangatlah penting dalam sebuah perusahaan.


PENDAHULUAN

Perusahaan besar maupun kecil, pasti mempunyai perlatan dan perlengkapan di kantornya. Peralatan dan perlengkapan kantor tersebut dipakai untuk memenuhi dan menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan di dalam kantor. Jika tidak ada perlengkapan kantor maka pekerjaan-pekerjaan kantor yang harus diselesaikan akan tertunda dan menumpuk. Jadi kegiatan-kegiatan di kantor akan terhambat dan operasi yang dilakukan di kantor akan selesai dalam waktu yang lama, bahkan tugas-tugas di kantor tidak akan selesai. Dengan pekerjaan-pekerjaan kantor yang semakin banyak, maka diperlukan juga peralatan dan perlengkapan yang lebih maju. Teknologi baru diperlukan agar pekerjaan kantor yang semakin banyak, dapat diselesaikan dengan waktu yang semakin cepat.

Menurut Nurulwida(2013:2) Sebuah kantor tidak akan berjalan dengan benar jika tidak mempunyai peralatan kantor yang memadai. Selain sumber daya manusia, peralatan sarana dan prasarana kantor pun sangatlah penting. Memfasilitasi kantor dengan mesin-mesin modern bertujuan agar mencapai produktifitas pekerjaan kantor seefisien mungkin secara biaya, tenaga dan waktu. Oleh karena itu penggunaan mesin kantor dan peralatan yang tepat sangat penting dalam perusahaan.

TINJAUAN PUSTAKA

Pengertian peralatan/perlengkapan kantor
Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, peraltan/perlengkapan kantor adalah istilah yang mengacu kepada semua perlengkapan yang umumnya digunakan di kantor, perusahaan dan organisasi lainnya mulai dari perorangan sampai pemerintah, yang bekerja untuk mengumpulkan, memperbaiki, dan memberikan informasi (dalam bahasa sehari-hari disebut dengan "kertas kerja").

Perlengkapan kantor ini yaitu barang-barang kecil yang digunakan sehari-hari seperti staples, pelubang kertas, penjepit kertas, kertas dan bolpoin tetapi juga mencakup perlengkapan mahal seperti faksimili, printer, computer, mesin foto kopi dan kas register, juga furniture kantor seperti bilik, lemari arsip dan meja.

Contoh peralatan kantor

1. Meja kantor
Meja kantor didesain khusus untuk peralatan kantor. Bentuk meja biasanya terdapat beberapa laci untuk menyimpan berbagai macam surat, alat tulis, arsip, dan perlengkapan penting lainnya.

Meja kantor merupakan peralatan penting dan dapat didesain berbeda untuk tingkatan yang berbeda pula, baik untuk karyawan maupun untuk pimpinan perusahaan. Dalam melakukan berbagai aktivitas perkantoran kebutuhan meja untuk para pimpinan perusahaan memiliki perbedaan dengan meja yang digunakan untuk karyawan lainnya. Perbedaan ini biasanya berbeda dari bentuk, desain, jenis bahan yang digunakan, dan fungsinya.

Beberapa pertimbangan memilih meja kantor yang baik adalah :

Kekuatan dan daya tahan. Menjamin kekuatan meja kantor, dapat dilihat dari bahan pembuatan meja kantor tersebut. semakin berat beban yang diletakan di atas meja maka bahan yang dipakai untuk membuat meja haruslah semakin bagus. Bahan meja yang digunakan biasanya mempunyai tingkatan masing-masing, contohnya, bahan meja dari kayu harus dipilih yang kuat agar tahan lama, namun meja yang dibuat dari bahan logam bisa dipilih meja yang terbuat dari baja dan lain sebagainya.

Bentuk laci dan jumlahnya. Meja dengan laci bisa digunakan untuk menyimpan dokumen. Bentuk dan jumlahnya bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan kantor. Untuk meja kebutuhan keamanan bisa dipilih meja yang mempunyai kunci, untuk memastikan segala sesuatu baik uang, benda, dokumen dll didalamnya dipastikan aman.

Desain meja kantor. Desain ini mempengaruhi kenyaman para pekerja kantor. Desain meja terkait dengan pengguanaan warna meja dan lain sebagainya. Desain meja yang bagus akan menarik perhatian customer dan membuat para pegawainya nyaman berada di meja tersebut. Dengan menggunakan meja yang bagus tentu kurang lebih akan menambah citra perusahaan.

Fungsi. Meja kantor dibuat dengan beraneka ragam fungsi. Masing-masing dibuat dengan fungsi yang berbeda, ada yang dibuat khusus untuk menyimpan berkas dan dokumen, ada yang dibuat khusus untuk menyimpan computer dan CPU, ada yang diguanakn untuk rapat manajer dan sebagainya, adapula yang dibuat untuk multifungsi. Meja kantor yang bagus adalah meja kantor yang fungsinya beraneka ragam.
Dalam memilih meja harus diusahakan memilih meja yang mempunyai panel kayu didepan meja tersebut, hal ini berguna untuk menjaga bagian bawah tubuh karyawan wanita yang menggunakan rok pendek.

Ukuran. Banyak ukuran meja yang dapat dipilih untuk kegiatan perkantoran. Besar kecilnya meja ditentukan oleh luasnya kantor. Agar kantor tidak terlihat kosong ataupun tidak terlihat terlalu sempit.

2. Kursi Kantor
Merupakan peralatan kantor yang mempunyai beragam bentuk, ukuran, desain. Kursi kantor dibuat secara khusus untuk memberikan kenyamanan baik bagi customer, atau karyawan perusahaan itu sendiri.
Ada berbagai macam warna, jenis, bentuk kursi kantor. Oleh karena itu, kursi kantor harus dipilih secara matang.

3. Lemari arsip
Lemari arsip berfungsi untuk menyimpan dokumen-dokumen penting, surat-surat yang akan digunakan kembali nantinya, surat keluar dan masuk, kwitansi, nota dan dokumen lainnya. Dengan adanya lemari kantor ini, maka data perusahaan akan disimpan dengan lebih rapi dan aman. Ada beberapa hal yang biasanya mempengaruhi keamanan dokumen tersebut. contohnya, bahan lemari yang digunakan, peralatan pengamanan, letak lemari, dan lain sebagainya.

4. Rak Arsip
Pada dasarnya rak arsip memiliki fungsi yang hamper sama dengan lemari arsip, yaitu untuk menyimpan dokumen-dokumen perusahaan. Perbedaannya rak arsip tidak memiliki pintu, tetapi lemari arsip memiliki pintu yang dapat dibuka. Rak arsip biasanya digunakan untuk menyimpan arsip yang menyamping. Untuk mempermudah pencarian, biasanya arsip dimasukan dulu kedalam kotak arsip dan diberi tanda/label khusus untuk menetapkan judul, nomor dan kode tertentu dari arsip-arsip yang berada di dalamnya.

5. Box File
Box file, biasa disebut kotak arsip biasanya terbuat dari bahan plastik, kardus, multiplex atau alumunium, dan digunakan untuk menyimpan arsip. Kotak arsip ini memiliki warna yang beraneka ragam, hal ini bertujuan agar pencari arsip mudah untuk menemeukan arsip yang berada di dalamnya. Fungsi dari kotak arsip juga untuk merapikan meja kerja agar dokumen-dokumen penting tidak berantakan dan berserakan.

Menurut Nurulwida (2013:5) mengenai peralatan kantor yang akan digunakan oleh suatu instansi adalah tergantung kepada ruangan yang ada, keuangan perusahaan itu sendiri dan beban kerja perusahaan yang bersangkutan. Maka dari itu perencanaan dan pemikiran haruslah di pikirkan dengan matang dalam menentukan peralatan dan kualitasnya jauh-jauh hari sebelum membeli peralatan kantor tersebut. Penggolongan kualitas peralatan yang dimaksud dapat dijadikan pedoman, baik untuk merencanakan pembelian peralatan maupun untuk meneliti peralatan-peralatan kantor. Perlu juga menerapkan ilmu ergonomi, adalah ilmu yang mempelajari keserasian alat-alat kantor dan alat-alat kerja dengan para karyawan kantornya, sehingga membuat suasana kerja yang baik.  Meja kerja seorang karyawan perlu di tata dan di sediakan alat-alat kantor, untuk melaksanakan tugas dan menyelesaikannya dengan sebaik-baiknya.  Perlengkapan kantor yaitu meliputi barang yang habis pakai dan tidak habis pakai. Pengertian barang yang tidak habis pakai adalah barang-barang yang tahan lama dan awet, contoh: alat pelubang kertas. Benda yang habis pakai maksudnya benda tersebut tidak harus musnah, dan lenyap. Contoh: penghapus, dan type ex yang digunakan berkali-kali.

Seiring perkembangan jaman dan teknologi, peralatan dan perlengkapan kantor pun semakin canggih. Kantor tidak akan berkembang jika tidak mempunyai peralatan dan perlengkapan yang berkembang pula. Berikut ini adalah perlengkapan kantor yang mengikuti perkembangan teknologi :

Mesin Kantor
    
Menurut Nurulwirda(2008:6) Mesin kantor merupakan salah satu alat penunjang untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan efisien. Mesin-mesin kantor adalah sebuah alat yang dipergunakan untuk mengolah, mencatat, data dalam pekerjaan kantor yang bersifat elektrik, mekanik dan magnetik. Banyak perusahaan swasta dan pemerintahan yang mengandalkan mesin-mesin perkantoran karena kerjanya yang optimal dan cepat sehingga tidak memakai banyak waktu.  Perkembangan teknologi yang pesat membuat manusia harus bekerja cepat pula. Mengikuti perkembangan teknologi haruslah mempunyai skil dan keahlian dalam menjalankan teknologi-teknologi yang berkembang itu. Dan perusahaan akan mendapat keuntungan yang banyak dari memakai teknologi-teknologi yang baru tersebut.  Hal penting dalam memilih peralatan perkantoran adalah fungsi peralatan tersebut dan jaminan dari para penjualnya seperti menyangkut masalah pembelian peralatan dan pembelian suku cadang peralatan itu sendiri, bahan yang dipakai dan kecepatan perbaikan dan pelayanan apabila alat tersebut rusak agar tidak membuat banyak kesibukan bagi perusahaan. Untuk memutuskan peralatan apa saja yang dibutuhkan, perlu diperhatikan hal-hal seperti berikut:
1. Mesin-mesin kantor harus benar-benar diperlukan oleh kantor.
2. Mesin kantor praktis.
3.Mesin dapat mengurangi biaya pelaksanaan pekerjaan kantor.
4. Mesin dapat mempercepat selesainya pekerjaan yang dikerjakan oleh pihak internal kantor.
5. Kualitas mesin baik.
6. Mesin dapat digunakan untuk berbagai macam pekerjaan.
7. Pemeliharaan mesin dilakukan dengan mudah dan cepat.
8. Mesin dapat disesuaikan dengan kemampuan para pegawai yang menggunakannya.
9. Besarnya mesin tidak memenuhi ruangan kantor.
10. Mesin harus sesuai dengan pekerjaan yang akan dilakukan.      
Tidak dapat dibantah lagi bahwa perlengkapan kantor dan mesin kantor (office equipment and office machine) sangat diperlukan untuk kelancaran kegiatan perkantoran dan tata kerja perusahaan baik swasta ataupun pemerintah. Maka, masalah penggunaan mesin kantor dan peralatan kantor dalam rangka memperlancar prosedur kerja harus mendapat perhatian dari pihak yang berwenang mengadakan peralatan kantor, baik manager atau yang lainnya.      Dipergunakannya mesin kantor dalam melaksanakan tugas kantor yaitu untuk membantu dan memudahkan manusia dalam menjalankan pekerjaan kantornya baik yang bersifat rutin ataupun yang bersifat dadakan, baik pekerjaan yang bersifat manufaktur/pabrik/manufacturing atau pekerjaan yang bersifat catat mencatat. Ini juga dalam rangka menyadari bahwa manusia itu penting bagi perusahaan atau organisasi bukan hanya mesin-mesin kantor.    Penggunaan mesin-mesin kantor dapat dibenarkan apabila dipakai untuk pekerjaan-pekerjaan kantor seperti berikut:
1. Dikerjakan berulang-ulang dalam jumlah yang cukup banyak, sehingga membuat orang yang mengerjakannya menjadi bosan untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. Contoh, pembuatan formulir dengan mesin stensil
2. Jenis pekerjaan terlalu berat untuk dikerjakan oleh tenaga manusia, contohnya mesin penggaruk tanah, mesin penarik, mesin bor.
3. Akan lambat bila dikerjakan oleh tangan kosong. Contoh, pembuatan surat rangkap oleh mesin tik, dan pencetakan buku, brosur yang banyak harus dibantu oleh mesin cetak. 
4. Ada formalitasnya, contohnya surat-surat dinas yang harus diketik.
5. Memerlukan ketelitian yang tinggi, apabila dikerjakan oleh manusia akan banyak terjadi kesalahan baik dalam penulisan ataupun yang lainnya. Maka, harus ada mesin otomasi pekerjaan rutin. Contohnya mesin hitung seperti computer untuk menghitung, mengumpulkan, menjumlahkan, merata-ratakan, menyortir, dan menggolongkan data-data. 
Jenis pekerjaan yang membutuhkan tenaga mesin adalah:
1. Pekerjaan yang berulang dengan jumlah yang banyak pula.
2. Pekerjaan yang tidak bisa dibantu fisik manusia.
3. Pekerjaan yang lambat bila dilakukan oleh tangan
4. Hasil pekerjaan harus berformat sopan dan rapi
5. Pekerjaan harus dilakukan dengan ketelitian tinggi

Macam-Macam Mesin    

Dari kelima pokok penggunaan mesin terdapat tiga macam-macam mesin, yaitu:
1. Mesin yang menghemat fisik dan akal manusia disebut juga labsor saving machine, contohnya alat-alat berat dan besar seperti fork-lift pada unit gudang dan depo bangunan. Sementara computer, MESIN ANTRIAN, kalkulator dan alat-alat kecil lainnya untuk keperluan administrasi perusahaan.
2. Mesin untuk menghemat uang yang dikeluarkan oleh perusahaan disebut juga money saving machine, seperti mesin yang digunakan untuk mass production. Jadi mesin ini disamping mesin yang bersifat teknis seperti mesin pintal, komputer (dalam jangka panjang), mesin penggandaan dan lain sebagainya.
3. Mesin untuk menghemat penggunaan waktu yang dipakai disebut juga time saving machine, seperti computer, mesin antrian, mesin fotocopy, mesin penggandaan, alat komunikasi dan transportasi dan sebagainya.  

Penggunaan Mesin   

Terdapat kerugian dan keuntungan dalam menggunakan mesin-mesin kantor, walaupun dalam jauh hari sudah melalui proses perencanaan dalam pembeliannya. 
Keuntungan menggunakan mesin kantor:
1.Dapat menghemat biaya apabila dilakukan dengan optimal dan sesuai dengan pekerjaan.
2. Dapat menghemat waktu dan tenaga penggunanya.
3. Pengendalian ketelitian lebih mudah dikerjakan.
4. Memudahkan dalam pengawasan.
5. Menghasilkan sesuatu yang lebih rapid an lebih baik.
6. Keterangan yang ada didalamnya akan lebih banyak.
7. Akan mengurangi rasa bosan daripada menggunakan tulisan oleh tangan.
8. Mengurangi kelelahan pegawai dalam melakukan pekerjaan sehingga akan menambah mutu hasil yang didapat.
Kerugian penggunaan mesin kantor:
1. Tingkat penyusutan mesin dari beberapa jenis tinggi
2. Mesin-mesin tertentu memerlukan biaya yang besar dalam pengadaannya dan pemeliharaannya.
3. Sulit mendapatkan operator mesin yang baik dan cakap dalam menggunakan mesin, serta memerlukan biaya lagi untuk melatih mereka. 
4. Fleksibilitas dari metode mesin sulit didapatkan. 
5. Sulit memelihara dan memperbaiki apabila mesin tersebut rusak.

Peralatan dan perlengkapan serta mesin katanro sering juga disebut pesawat kantor, yaitu mesin komunikasi untuk melakukan komunikasi, baik dengan lingkungan sendiri maupun dengan lingkungan luar kantor. Dengan adanya mesin komunikasi ini di dalam kantor, akan diperoleh keuntungan sebagai berikut:
·         Penyampaian informasi dapat dilakukan dengan cepat dan tepat dengan biaya yang hemat.
·         Menghemat tenaga dalam melaksanakan hubungan didalam kantor dengan sesama penduduk kantor.
·         Meningkatkan produktivitas kerja para pegawai.
·         Mempercepat proses pekerjaan pegawai. 
Mesin-mesin kantor yang biasanya diperlukan dan banyak digunakan dalam rangka menunjang kegiatan pelayanan perkantoran adalah:

1. Mesin Antrian



Mesin untuk membantu mempermudah pelayanan kantor dalam melayani masyarakat.



2. Komputer

Computer kantor adalah salah satu peralatan kantor yang harus dimiliki dan penting untuk dimiliki oleh kantor. Selain dapat digunakan untuk mengetik, mengolah data, mengarsip, membuat desain, dapatpula digunakan untuk promosi.
Banyak aneka ragam computer yang bisa digunakan untuk usaha, mulai dari PC atau personal computer, laptop, netbook, notebook, macbook dan lain sebaginya. Komputer memiliki spesifikasi yang dapat disesuaikan dengan budget dan kebutuhan perusahaan. Banyak aneka ragam kegunaan computer untuk menunjang pekerjaan perusahaan:
Menurut catur@staff.akprind.ac.id(2008:4)
Word Processing, yaitu penggunaan perangkat computer untuk menghasilkan berbagai macam tugas pengetikan dan pencetakan dokumen secara automatis. Sekretaris dan manager melakukan pengetikan melalui terminal, dokumen sudah diketik dan diedit terlebih dahulu, sebelum disimpan ke dalam computer. Dokumen dapat diambil dan disimpan di media penyimpanan seperti hard disk atau flash disk. Dokumen dapat dibuat hard copy dalam cetakan printer. Lalu hasil cetakan dapat diberikan kepada manager sebagai bahan persiapan agar nanti komunikasi menjadi lebih efektif. Dalam perkantoran yang modern, dokumen tidak perlu dicetak, namun dapat di attch dan di lampirkan di computer lain yang terhubung dengan satu jaringan computer yang sama.
Electronic and voice mail 
Voice mail adalah sarana yang disediakan oleh penyedia jasa layanan telepon yang diberikan kepada pelanggan agar dapat meninggalkan pesan dalam sebuah mail box apabila orang yang ingin dihubungi tidak dapat dihubungi. Mail box yang berisi pesan ini dapat di panggil oleh penerima untuk mendengarkan pesan-pesan yang diterima yang berada didalamnya ketika penerima tidak dapat mengangkat telepon.  Electronic mail atau disingkat e-mail, hamper sama dengan voice mail, hanya saja terjadi antara pengguna computer yang berada di jaringan computer yang sama. Para pengguna e-mail mempunyai mail box atau folder di sebuah e-mail server yang terhubung 24 jam di dalam jaringan computer. Pengguna e-mail yang lain dapat mengirimkan pesan ke e-mail box dengan menuliskan alamat e-mail pengguna yang dituju walaupun pengguna yang dituju tersebut sedang tidak online atau tidak berada dalam jaringan computer. Untuk membaca pesan-pesan yang diterima, para pengguna harus membuka e-mail box nya.
Computer calendaring 
Computer calendaring punya analogi untuk menandai kalender agar tidak lupa terhadap kegiatan kantor yang harus dilakukan. Jadwal kegiatan kantor, deadline, maupun perjanjian dengan kolega dapat disimpan dikomputer, pada saat kegiatan ataupun sebelum kegiatan, computer akan mengingatkan penggunanya dengan penanda alarm. penanda dapat dikirimkan dan diakses oleh pihak lain yang terhubung dalam jaringan computer yang sama. 
Computer conferencing  
Computer yang terhubung dalam satu jaringan yang sama akan dapat saling berkomunikasi, baik dengan text, audio, ataupun audio-visual. Dengan memanfaatkan jaringan internet, maka semakin memudahkan pengguna computer untuk melakukan hal-hal tersebut. Banyak ruang diskusi yang tersedia baik berupa board services ataupun chat channel yang disediakan portal di internet. Board  Sevice  yaituh layanan untuk mengirim pesan dan pendapat pada satu topic yang tidak interaktif. Sementara chat channel yaitu sarana bertukar pesan secara interaktif.
Aplikasi computer untuk kantor
Program aplikasi computer yang dapat mendukung pekerjaan kantor menjadi lebih baik yaitu Microsoft office, lotus suite, corel, wordPerfect office. Dan yang mendukung kantor untuk menjelajah dunia maya internet adalah beberapa situs web seperti internet esplorer, firefox, opera, google chrome dan lain-lain.

3. Printer
Printer adalah peralatan kantor untuk mencetak berbagai dokumen dan beberapa hasil pekerjaan dengan menggunakan computer. Printer merupakan kebutuhan satu paket dengan computer, printer sangat efektif untuk mencetak berbagai keperluan seperti kegiatan administrasi, surat-menyurat, dan catat-mencatat.
Banyak aneka ragam jenis printer yang bisa digunakan perusahaan. Seperti printer dot matrix, inkjet, laserjet. Ini dibedakan dengan kecepatan printer dalam mencetak.

4. Scanner
Scanner adalah peralatan kantor elektronika yang digunakan untuk menggunakan dokumen fisik menjadi file atau data yang bisa dibaca oleh computer. Dokumen fisik ini yaitu berupa gambar, foto, teks diatas kertas. Scanner dapat berguna untuk sarana pengarsipan secara digital.

5. Kamera
Kamera adalah peralatan kantor yang dapat dijadikan alat dokumentasi kegiatan-kegiatan kantor. Kamera bisa berupa kamera foto ataupun video dan bisa digunakan untuk kegiatan perusahaan untuk laporan atau pun hanya dokumen.
Selain kamera untuk mendokumentasi kegiatan perusahaan, ada banyak perusahaan menggunakan dan memasang kamera CCTV untuk keamanan kantor dan perusahaannya. Banyak tipe dan jenis kamera kantor yang bisa digunakan, hal ini tergantung dari kamera yang dibutuhkan oleh perusahaan itu sendiri.

6. LCD Proyektor
Merupakan peralatan kantor yang biasa digunakan untuk persentasi pada saat rapat ataupun hal-hal lainnya. Alat ini merupakan perkembangan dari OHP yang biasa digunakan untuk memproyeksikan gambar dan teks dari kertas bening. Jika ingin menampilkan gambar dari proyektor dapat diperloeh dari laptop, computer, televise dan lain-lain.

7. Proyektor OHP    
OHP singkatan dari Overhead Projector adalah alat yang digunakan untuk menjelaskan persentasi secara visual. OHP digunakan untuk memproyeksikan tulisan dan gambar dikertas transparan yang diletakan di screen OHP tersebut. Kertas yang diletakan di screen akan diproyeksikan isinya ke layar dan ditampilkan nantinya. Perbedaan OHP dengan proyektor adalah persentasi yang ditayangkan oleh OHP harus ditulis langsung di kertas transparan.

8. Jaringan Telepon dan Internet.
Di zaman perkembangan teknologi dan informasi saat ini, penggunaan telepon dan internet sangat dibutuhkan bagi perusahaan. Jaringan ini dapat digunakan sebagai media promosi, baik bisa melalui website ataupun media sosisal. Salah satu peralatan kantor ini dapat dijadikan media berinteraksi dengan pihak eksternal ataupun dengan pihak internal. Dengan internet, para karyawan dapat terhubung secara online dalam pemindahan data-data perusahaan apabila data tersebut dibutuhkan oleh orang lain dengan cepat.

9. Mesin Fotocopy
Mesin fotokopi yaitu peralatan kantor yang berfungsi menduplikasi dan menggandakan sebuah dokumen dan gambar dengan sangat cepat, mudah dan murah. Bagi perusahaan besar mesin fotokopi sangatlah penting keberadaannya untuk menduplikata dokumen-dokumen.

10. Mesin Penghancur Kertas
Mesin penghancur kertas diperlukan untuk menghancurkan kertas baik arsip yang tidak diperlukan maupun dokumen yang sudah tidak diperlukan dan tidak dipakai lagi serta habis nilai gunanya. Peranan penghancur kertas ini sangat besar, sehingga rahasia yang ada didalam dokumen tidak tersebar dan tidak diketahui oleh orang lain. Dengan hancurnya kertas menjadi berbentuk kecil maka akan sangat-sangat kecil kemungkinannya orang lain akan mengetahui isinya, dan sebelum dibuang sobekan kertas tersebut diaduk terlebih dahulu.

KESIMPULAN

Peralatan dan perlengkapan kantor dibutuhkan untuk menunjang kegiatan perkantoran. Kegiatan perkantoran akan terhambat, bahkan terhenti jika tidak mempunyai peralatan dan perlengkapan yang tidak cocok untuk menunjang kegiatan perkantoran tersebut. Peralatan kantor harus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi agar kantor berkembang dan dapat menyelesaikan tugas-tugas seefektif dan seefisien mungkin.

Daftar Pustaka
2008.caturstaff.akprind.ac.id. teknologi perkantoran modern  


Diberdayakan oleh Blogger.

Shét ENJIN Optimesén



PERTANYAAN YANG SERING MUNCUL DARI KONSUMEN
klik : FAQ's TANYA JAWAB

BERDERET PERTUMBUHAN POPULASI MESIN ANTRIAN TERRAGUNO MENGHIASI BERBAGAI KANTOR PELAYANAN DARI SABANG SAMPAI MERAUKE




"KEUNTUNGAN KANTOR PELAYANAN YANG MEMILIKI MESIN ANTRIAN"
DAN
"KERUGIAN KANTOR PELAYANAN YANG TIDAK MENGGUNAKAN ALAT ANTRIAN"

Sarana prasarana di kantor pelayanan harus disediakan untuk menunjang kelancaran pelayanan dan kepuasan masyarakat. Kantor pelayanan didirikan untuk melayani kebutuhan masyarakat baik itu masalah kesehatan, masalah sosial, masalah ekonomi, masalah politik, masalah birokrasi dan berbagai masalah pelayanan yang ada di masyarakat.
Sarana prasarana yang wajib di miliki oleh kantor pelayanan diantaranya adalah mesin antrian. Kantor pelayanan dalam melaksanakan tugasnya diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.96 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-undang no 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Sehingga keuntungan dan kerugian kantor pelayanan yang memiliki dan tidak memiliki mesin antrian yaitu :

KEUNTUNGAN BERKESINAMBUNGAN
Keuntungan sarana pelayanan masyarakat yang menggunakan alat antrian atau mesin antrian adalah :
1. Melaksanakan anjuran pemerintah tentang standar pelayanan publik.
2. Membuat nyaman kantor pelayanan dan masyarakat yang dilayani.
3. Mencegah terjadinya gesekan antar masyarakat yang disebabkan karena antrian.
4. Melakukan inovasi berkaitan dengan teknologi sehingga pelayanan lebih maksimal.
5. Menertibkan proses antrian sehingga kantor terlihat rapi dan teratur.
6. Mengurangi beban human resource dalam menanggulangi masalah antrian.
7. Ikut membantu memajukan bangsa dan negara karena telah memudahkan dalam pelayanan masyarakat.
8. Siap menyongsong era industri 4.0 dalam penggunaan teknologi untuk memperlancar pelayanan publik.
9. Sarana prasarana penunjang pelayanan jadi lebih lengkap.
10. Mempermudah petugas dalam melakukan pekerjaan melayani masyarakat.
11. Mencegah kesalahpahaman yang terjadi kepada masyarakat berkaitan dengan urutan antrian.
12. Meringankan pekerjaan petugas loket dalam memanggil urutan antrian.

KERUGIAN PERMANENT
Kekurangan atau kerugian kantor pelayanan publik apabila tidak memiliki mesin antrian adalah :
1. Sulit mengatur antrian masyarakat.
2. Resiko terjadi gesekan antar masyarakat karena masalah antrian.
3. Tidak melaksanakan peraturan pemerintah dalam memberikan kepuasan pelayanan kepada masyarakat.
4. Membutuhkan petugas pengatur antrian yang harus selalu stand by.
5. Memperlama waktu melayani masyarakat.
6. Harus selau prepare antrian manual sebelum kantor pelayanan buka.
7. Penilaian buruk terhadap kantor pelayanan karena tidak memiliki inovasi untuk meningkatkan pelayanan ke masyarakat.
8. Terlalu lambat dalam berubah untuk menyambut era industri 4.0 revolusi digitalisasi
9. Memperlambat pertumbuhan ekonomi Indonesia.
10. Menambah resiko kriminalitas jika antrian tidak teratur.
11. Para pegawai pelayanan harus menyisihkan pikiran dan tenaga untuk urusan antrian, yang seharusnya itu bisa di kerjakan oleh alat antrian.
12. Membuat kantor pelayanan terasa ribet karena banyaknya masyarakat yang antri secara manual.

CARA MEMILIH MESIN ANTRIAN YANG BAGUS ADALAH :
MEMILIKI SYSTEM DAN ALUR ANTRIAN YANG SIMPLE, PRAKTIS & TEPAT GUNA MEMPERLANCAR PELAYANAN




-- HARGA PABRIK PASTI MURAH --
* BERBAGAI JENIS TYPE PRODUSEN / PENYEDIA / PENJUAL
MESIN ANTRIAN & ALAT ANTRIAN SECARA UMUM*

ALAT ANTRIAN

Dalam dunia industri dan perdagangan, pabrik adalah hulu dari sebuah produk, dari pabrik produk dibuat dan kemudian dipasarkan, di pabrik semua produk di rancang dan dibikin untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Produk yang bagus terbuat dari bahan baku yang bagus pula, semua ini dilakukan di pabrik. Untuk mendapatkan produk yang bagus, maka di pabrik inilah di racik bahan baku berkwalitas A dengan sedemikian rupa sehingga mendapatkan produk yang terbaik dikelasnya. Pabrik produksi produk juga biasa disebut OEM ( ORIGINAL EQUIPMENT MANUFACTURE).
System pembuatan mesin antrian yang pertama adalah system pabrik (OEM) mesin antrian
Memiliki definisi yang tidak jauh beda dari yang dijelaskan diatas, pabrik mesin antrian merupakan tempat produksi mesin antrian dari A sampai Z atau biasa disebut OEM mesin antrian, sehingga semua kegiatan produksi untuk membuat mesin antrian dilakukan di pabrik mesin antrian dari pembuatan rancangan desain mesin sampai pembuatan program system mesin antrian yang mengakibatkan harga produksi mesin antrian menjadi murah.
System produsen mesin antrian yang kedua adalah system assembly
Yaitu membuat produk dengan cara menggabungkan berbagai barang hasil produksi dari tempat lain untuk digabungkan atau dirakit di satu tempat, atau bisa dikatakan sytem ini adalah system asembly, system asembly ini menghasilkan produk atau mesin antrian yang lebih mahal daripada pabrik mesin antrian karena barang yang di rakit adalah produk dari pabrik lain yang memproduksi bagian bagian mesin antrian, tentunya pabrik sparepart tersebut juga mengambil profit dari produk yang mereka produksi. Kelemahan dari system perakitan ini adalah apabila ada sub pabrikasi yang bermasalah maka pabrik utama akan terkendala supply sparepart untuk mesin antrian yang diproduksi tersebut.
System yang ketiga dari produksi mesin antrian adalah system maklon/contract manufacturing
System maklon adalah perusahaan membuat mesin antrian dengan merk sendiri di pabrik mesin antrian independen/OEM atau biasa disebut dengan system ODM (Original Desaign Manufacture), system maklon ini sangat tergantung kepada pabrik mesin antrian, karena si perusahaan pemilik merk tidak memiliki tempat produksi mesin antrian, alias si pemilik merk hanya punya team marketing penjualan dan distribusi pemasaran, untuk produk mereka buatkan di original equipment manufacture dg system ODM pabrik mesin antrian dengan merk dan spesifikasi sesuai yang mereka pesan. Kelemahan dari system ini adalah pemilik barang tidak memiliki kuasa penuh terhadap produk mesin antrian yang di pasarkan berkaitan dengan ketersediaan sparepart, keberlangsungan teknisi maintenance dan service karena tidak memiliki cukup efort dalam bidang produksi mesin antrian, sehingga sangat mungkin untuk meninggalkan produk mesin antrian yang mereka pasarkan apabila pasar mesin antrian telah jenuh dan untuk berganti dengan produk lain yang laku pada masa itu sehingga after sales dan jaminan purna jual mesin antrian yang telah terjual tidak dilaksanakan dengan baik.

System yang paling baik untuk kenyamanan pengguna mesin antrian adalah system pabrik mesin antrian atau bisa disebut pabrikasi mesin antrian atau produsen mesin antrian asli dan murni atau original equipment manufacture (OEM) mesin antrian, pabrik mesin antrian yang asli memiliki tempat pabrikasi yang berstandar dan sesuai dengan kebutuhan, memiliki gudang produksi yang di desain khusus untuk membuat mesin antrian dari 0 sampai barang bisa digunakan oleh konsumen.
Oleh karena itu sudah barang tentu bahwa harga pabrik mesin antrian pasti murah dan bertanggungjawab.


BOMBARDIR PRODUK MESIN ANTRIAN TERBARU TERRAGUNO MEMBASMI SUMPEKNYA ANTRIAN MANUAL
SEGELINTIR SAMPLE CONTOH GAMBAR FOTO MESIN ANTRIAN TERRAGUNO


SEBERAPA PANTAS MESIN ANTRIAN terraguno
MENDAMPINGI pelayanan ???



Produksi, distribusi DAN jual mesin antrian untuk kantor pelayanan, DISDUKCAPIL, alat antrian RUMAH SAKIT, PUSKESMAS, kantor pajak, pertanahan ATR BPN, kantor DPMPTSP, perijinan, BANK, kantor imigrasi, kantor bea cukai, kantor BPJS, kantor mall pelayanan publik, kantor samsat, kantor polisi, polres, skck, SIM, kantor pengadilan, sidang, kantor pelayanan mesin antrian kecamatan
Mesin antrian terraguno juga di jual dan digunakan diberbagai daerah, seperti mesin antrian di jakarta, mesin antrian di bandung, mesin antrian di tasikmalaya, mesin antrian di purwokerto, mesin antrian di semarang, mesin antrian di yogyakarta, mesin antrian di solo, mesin antrian di klaten, mesin antrian di sragen, mesin antrian di ngawi, mesin antrian di pantura, mesin antrian di lamongan, mesin antrian di malang, mesin antrian di surabaya, mesin antrian di tuban, mesin antrian di jember, mesin antrian di bondowoso, mesin antrian di madura, mesin antrian di surabaya, mesin antrian di bali, mesin antrian di banyuwangi, mesin antrian di kupang, mesin antrian di mataram lombok, mesin antrian di maluku, mesin antrian di jayapura papua, mesin antrian di merauke, mesin antrian di sorong, mesin antrian di halmahera, mesin antrian di ambon, mesin antrian di manado, mesin antrian di palu, mesin antrian di kendari, mesin antrian di makassar, mesin antrian di sulawesi, mesin antrian di kalimantan, mesin antrian di tarakan, mesin antrian di kukar kutai kertanegara, mesin antrian di bontang, mesin antrian di sangatta, mesin antrian di samarinda, mesin antrian di balikpapan, mesin antrian di kotabaru, mesin antrian di banjarmasin, mesin antrian di palangkaraya, mesin antrian di pontianak, mesin antrian di sinkawang, mesin antrian di bangka belitung, mesin antrian di riau kepulauan, mesin antrian di sumatra, mesin antrian di aceh, mesin antrian di medan, mesin antrian di padang, mesin antrian di palembang, mesin antrian di jambi, mesin antrian di lampung, mesin antrian kepulauan aru.

CARA MEMPERBAIKI ALAT ANTRIAN ATAU MESIN ANTRIAN YANG RUSAK SECARA UMUM


ALAT ANTRIAN


TROUBLESHOOTING MESIN ANTRIAN ATAU ALAT ANTRIAN PADA UMUMNYA
A. Pertama : Identifikasi kerusakan alat antrian
"Cara mengetahui kerusakan mesin antrian bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu : pada saat digunakan ada yang tidak berfungsi seperti biasanya dan maintainance mesin harian dengan cek fungsional mesin. Langkah yang dilakukan adalah menghidupkan anjungan mesin antrian, apakah berfungsi secara normal atau tidak dengan cara menjalankan fungsi cetak nomor antrian, kemudian menghidupkan alat pemanggil dan duji coba untuk memanggil nomor antrian, yang terakhir adalah menghidupkan display nomor antrian, apakah nomor yang di cetak dan nomor yang dipanggil sudah terpampang di display LED monitor. Apabila terjadi kerusakan di salah satu bagian mesin antrian langkah selanjutnya adalah.."
B. Memperbaiki anjungan mesin antrian
"Beberapa kerusakan yang terjadi di anjungan mesin antrian dapat digolongkan menjadi dua bagian yaitu kerusakan hardware dan kerusakan software. Disaat menyalakan mesin antrian ada beberapa indikasi yang bisa dijadikan parameter kerusakan mesin, yaitu apabila pada saat dinyalakan mesin antrian indikator panel tidak hidup berarti terjadi kesalahan di arus masuk ke mesin antrian, solusi yang bisa dilakukan adalah mengganti kabel arus. Kemudian apabila panel indikator hidup tetapi mesin tidak mau nyala berarti terjadi kerusakan di komputer mesin antrian solusinya adalah perbaikan komputer atau penggantian unit komputer, selanjutnya adalah cek fungsional software mesin antrian jika saat menyalakan mesin system antrian tidak muncul di layar monitor anjungan berarti terjadi kerusakan system mesin antrian, segera hubungi penyedia mesin antrian untuk diganti dengan software yang baru, cek printer thermal apabila tidak ada kertas yang keluar dari printer setelah di perintah cetak berarti kerusakan terjadi di printer, segera ganti printer dengan yang baru, pada saat menyalakan mesin tidak ada suara yang keluar dr speaker mesin, ini tanda system audio bermasalah, segera ganti amplifier di anjungan mesin atau speaker di anjungan alat antrian, yang terakhir adalah cek jaringan di mesin antrian dengan menjalankan fungsi pemanggil, apabila tidak berjalan normal bisa di indikasikan terjadi kerusakan di system wireless atau system software mesin antrian, solusi yang terbaik adalah segera hubungi vendor penyedia mesin antrian. Demikian troubleshooting yang bisa dilakukan di anjungan alat antrian."
C. Memperbaiki alat pemanggil nomor antrian
"Alat pemanggil mesin antrian adalah bagian alat antrian yang tidak boleh rusak, untuk mengetahui kerusakan alat pemanggil nomor antrian adalah dengan cara menjalankan fungsi pemanggil, apabila tidak bisa digunakan tetapi alat nyala berarti terjadi kerusakan di software alat antrian, solusi yang bisa ditempuh adalah menghubungi suplayer alat antrian untuk di replace dengan software yang baru. Apabila saat dinyalakan, alat pemanggil nomor antrian tidak hidup, ini berarti bahwa terjadi kerusakan di hardware alat pemanggil nomor antrian maka silahkan hubungi vendor penyedia mesin antrian untuk membeli alat pemanggil yang baru."
D. Memperbaiki display nomor antrian
"Memperbaiki display nomor antrian bisa dialkukan dengan sangat mudah, display nomor antrian biasanya menggunakan LED TV HDMI. Apabila display tidak hidup bisa di cek sumber arus, arus normal tetapi display tidak hidup ini menandakan kerusakan terjadi di TV LED, ganti TV dengan yang baru sesuai spek. Saat menyalakan TV nyala tetapi nomor antrian tidak muncul maka kerusakan bisa terjadi di modul display atau software mesin antrian, cek modul display apabila mati segera hubungi suplayer mesin antrian untuk membeli modul display yang baru. Modul display nyala tetapi omor antrian tidak muncul maka segera hubungi vendor mesin antrian karena kerusakan ini terjadi di software mesin antrian."

CARA MERAWAT MESIN ANTRIAN AGAR AWET
1. Tempatkan mesin antrian dalam lingkungan yang kering, jauh dari sumber panas yang berlebihan atau kelembaban. Jangan letakkan mesin antrian di samping sumber pemanasan atau sumber air, sperti kran air dan kamar mandi.
2. Mengidupkan dan mematikan mesin antrian secara teratur dengan SOP produsen mesin antrian yang sudah ada di manual book.
3. Gunakan kompresi udara untuk membersihkan puing-puing di antara part mesin antrian, seperti computer, printer dan sound system.
4. Jauhkan lubang ventilasi pada mesin antrian yang jelas penyumbatan dari debu atau barang lainnya di dekatnya untuk mencegah overheating. Gunakan kompresi udara untuk meniup debu dan puing-puing dari semua ventilasi mesin antrian.


EFFORT YANG HARUS DIMILIKI INSTITUSI PEMAKAI "MESIN ANTRIAN"
1. Infrastuktur yang memadai, seperti gedung, jaringan listrik, instalasi penunjang dan loket pelayanan.
2. Sumber daya manusia yang improveble dengan mesin teknologi inovasi, disosialisakan melalui training pemakaian produk.
3. Dana yang direncanakan dan di sesuaikan untuk pembelian mesin antrian menurut kebutuhan.
4. Selalu mempelajari perkembangan dunia inovasi teknologi untuk memperbaiki kwalitas pelayanan kepada masyarakat.
5. Memiliki visi dan misi institusi yang bagus sehingga membuat perkembangan institusi semakin baik untuk menyambut era digitalisasi teknologi 4.0
6. Dokumentasi perlengkapan kantor / institusi untuk melaksanakan pemeliharaan aset kantor / rumah sakit / puskesmas / bank.
7. Selalu melakukan perubahan dengan pertimbangan asaz kemanfaatan dalam melengkapi sarana prasarana pelayanan kepada masyarakat.


" THANK YOU PAGE "
UCAPAN BERIBU TERIMAKASIH
Selalu Syukur kehadirat GUSTI Yang Maha Kuasa atas segala nikmat yang diberikan Nya, Wow wow wow luar biasa, jempol empat, untuk perkembangan mesin antrian terraguno dan media informasi virtual preagle produk PT Kahastaman Abidel Saampiri. Dimulai dari percobaan percobaan riset kecil dan kemudian perlahan berkembang dengan lebih baik. Dan segera dibuatlah beberapa kebijakan kebijakan oleh pihak manajemen guna mendukung perkembangan PT Kahastaman Abidel Saampiri. Hasil dari kebijakan ini membawa perubahan yang cepat terhadap keberhasilan perkembangan perusahaan.
Tercatat sudah banyak produk yang dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan dari pasar di indonesia. Kepercayaan pemilihan produk PT KAS merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan baik oleh team manajemen PT KAS. Untuk lebih memantapkan langkah untuk maju kedepan banyak pihak yang telah ikut andil dalam perkembangan PT Kahastaman Abidel Saampiri, maka kami segenap team PT KAS mengucapkan salam hormat dan terimakasih yang sebesar sebesarnya kepada :
1. Tuhan Yang Maha Esa.
2. Para Konsumen militan PT KAS.
3. Team Riset and Development PT KAS
4. Team Teknisi PT KAS
5. Team Programer PT KAS
6. Bagian umum PT KAS
7. Team Marketing PT KAS, termasuk didalam nya perusahaan internasional Google LLC yang memiliki banyak
produk google yang paling banyak digemari oleh masyarakat, Facebook yang selalu keren,
dan sarana media social lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu.
8. Para vendor bahan baku
9. Para vendor ekspedisi pengiriman
10. Para vendor Sarana dan prasarana transportasi dan akomodasi
11. Para tenaga ahli pengajar suhu yang tidak bisa disebutkan satu persatu
12. Dan seluruh pihak yang telah membantu melancarkan perkembangan PT Kahastaman Abidel Saampiri.
Semua ini bisa terlaksana berkat izin dan berkah dari GustiAllah Yang Maha Segala-galanya serta hukum sebab akibat duniawi yang terwujud dalam sinergi dari berbagai pihak yang telah disebutkan diatas sehingga irama progress dari PT KAS bisa berlanjut dan bermanfaat bagi seluruh bangsa Indonesia.


ATAU KLIK NOMOR TELP INI :
0813 2593 2593


" TIPS / CARA / STRATEGI KANTOR PELAYANAN DALAM MELAWAN CORONA COVID-19"

artikel original asli dari pabrikmesinantrian.com hak milik intelektual TERRAGUNO pt.kahastaman_abidel_saampiri

LINK aran.MALAIKAT seljuk